Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Senin, 24 September 2018

13 Orang CJH Boltim Mengikuti Bimbingan Manasik Haji

12 July 2018


Tutuyan - Dalam rangka meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan, 13 orang Calon Jamaah Haji (CJH) Kab. Bolaang Mongondow Timur, sehingga dapat menunaikan ibadah haji secara mandiri, untuk selanjutnya dapat menggapai haji mabrur, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Timur khususnya Seksi Haji dan Bimas Islam kembali melaksanakan bimbingan dan manasik haji tingkat kecamatan  yang dilaksanakan di salah satu rumah JCH yang bertempat di Kec. Kotabunan, (12/7).

Manasik Haji tingkat kecamatan yang kembali dilaksanakan ini mengundang Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bolaang Mongondow Timur Ahmad Sholeh, SPd, MPd yang menjadi pemateri dan Kasi Haji dan Bimas Islam H. Muh. Ma’mur, SAg Materi yang dibawakan adalah tentang Pemantapan Manasik Haji Berbasis Qalbu dan Melestarikan Kemabruran Haji.

Dalam materi yang dibawakan oleh Kakan Kemenag, memuat tentang istilah mabrur yang dijelaskan pada beberapa kitab fiqih mempunyai arti “Maqbul” atau dalam kamus besar Bahasa Indonesia Artinya adalah diterima Allah.

Ahmad mengutip bahasa Sayyid Sabiq dalam kitab Fiqih As-sunnah. “ Mabrur itu adalah memberi makan dan lembut perkataan” ungkap Ahmad

“ Jadi, jika sudah jadi Haji dan pulang ke tanah air, tentunya akan banyak perubahan dalam diri kita, contoh waktu sebelum pergi ibadah haji kita adalah orang yang sombong, namun setelah pulang ibadah haji kita menjadi orang yang rendah hati, dermawan,” tambahnya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan sebagian materi dari Kasi Haji dan Bimas Islam H. Muh. Ma’mur, SAg yang menyebutkan 13 kiat untuk menjaga kemabruran Haji, diantaranya adalah pengambilan sikap untuk berbuat sesuai aturan, menjaga dan mengontrol diri dengan aturan dan ketentuan yang mengikatnya, kesediaan untuk beri’tikaf atau berkhalawat, tidak melakukan maksiat dan membenci, berusaha dan bekerja keras dalam meraih cita0cita masa depan, berjiwa toleransi dan saling menghormati sesama, selalu mendahulukan panggilan Allah SWT, memperjuangkan syiar-syiar Allah, intorpeksi diri setiap saat, berkurban dijalan Allah SWT, mengindari aktifitas yang berdampak negatif, cinta damai, berjiwa sosial dan saling tolong menolong, mengalah atau memberi kesempatan orang lain mendapatkan kemuliaan. (jim)


Aplikasi