Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Senin, 17 Desember 2018

Belum Cukup Umur, 20 Calon Siswa MIN 3 Bolmong Diseleksi

11 July 2018


LOLAK – Memasuki Tahun Pelajaran baru 2018/2019, MIN 3 Bolmong yang berlokasi di Desa Wangga Passi Barat ini  mengadakan seleksi penerimaan siswa baru. Terobosan baru ini dilakukan demi meningkatkan kualitas peserta didiknya baik dari segi akademis dan non akademis.

Kepala MIN 3 Bolmong, Nurman Asiari menuturkan meski masih setingkat MI pihaknya memberlakukan sistem seleksi untuk calon siswa yang hendak menempuh pendidikan di MIN 3 Bolmong.

"Seleksi ini dilakukan untuk menyaring calon siswa baru untuk mendapatkan siswa yang benar-benar memenuhi syarat baik dari segi umur maupun psikomotoriknya," terang wanita berjilbab ini, Rabu (11/6).

Terlebih lanjutnya, sebagian besar calon siswa yang mendaftar ternyata belum cukup umur, padahal berdasarkan Peraturan Bersama antara Menteri Pendidikan (Mohammad Nuh) dan Menteri Agama (Suryadharma Ali) nomor 04/VI/PB/2011 dan nomor MA/111/2011, syarat calon peserta didik baru kelas 1 pada MI yakni paling rendah 6 tahun. Dan untuk yang berusia di bawah 6 tahun dapat dipertimbangkan atas rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.

Inilah yang mendasari Nurman melakukan seleksi dengan beberapa tes psikomotor untuk selanjutnya direkomendasikan ke psikiater agar memperoleh surat keterangan layak atau tidak diterima sebagai siswa MIN 3 Bolmong.

"Tercatat ada 30 siswa yang mendaftar secara administratif dan ada 20 yang kami seleksi dengan materi uji kematangan emosional sekaligus mengukur kemampuan verbal para calon siswa," imbuhnya.

Wanita penyuka Aglonema ini menuturkan dirinya sangat bersyukur mengingat animo para orangtua murid menyekolahkan anaknya ke MIN 3 Bolmong tahun ini meningkat dua kali lipat.

"Tahun lalu hanya ada 15 siswa yang mendaftar sedangkan sampai hari tercatat sudah 30 siswa, padahal di Desa Wangga ini juga terdapat 2 SD negeri. Tentu kami sangat bersyukur terhadap peningkatan animo para orangtua untuk menyekolahkan putra-putrinya di madrasah," tandas Nurman.

Terinformasi seleksi penerimaan peserta didik baru di MIN 3 Bolmong masih akan dilaksanakan hingga 14 Juli 2018 mendatang setiap hari kerja. (dek)


Aplikasi