Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Sabtu, 22 September 2018

Tim Penilai KUA Teladan Sambangi KUA Kec. Modayag Barat

10 July 2018


Tutuyan – KUA harus bebas Pungli dan Gratifikasi sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, maka dari itu Bidang Bimas Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Utara turun langsung di KUA, salah satunya adalah KUA Kec. Modayag Barat, (10/7).

Kepala Bidang Bimas Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Utara Drs. H. Ulyas Taha, MPd bersama JFU Rosita Mile, SE, Yuni Widodo, SAg, Moh. Mangkarto, SAg yang bertindak sebagai tim penilai melaksanakan penilaian berdasarkan juknis yang ada, tak tanggung-tanggung Kabid Bimas Islam juga menjadi penilai.

Sebelum penilaian dimulai, kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bolaang Mongondow Timur, Ahmad Sholeh, SPd, MPd. Dalam sambutannya Ahmad melaporkan bahwa Kepala KUA Kec. Modayag Barat baru saja meraih predikat sebagai terbaik 1 dalam kompetisi Baca Kitab tingkat Provinsi.

Selanjutnya Ahmad juga melaporkan karena adanya keterbatasan waktu sehingga yang hadir dalam penilaian ini jumlahnya terbatas, dan KUA Kec. Modayag Barat juga sudah menyiapkan seluruh dokumen administrasi sudah disiapkan dengan matang.

Kegiatan kembali dilanjutkan dengan sambutan dari Kabid Bimas Islam, Ulyas Taha dalam sambutannya, Taha menyampaikan bahwa yang dilaksanakan ini adalah penilaian KUA kecamatan teladan antar kabupaten kota, dan selanjutnya ketingkat provinsi yang dimulai dari Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. “ Saat ini penilaian KUA teladan bukan lagi menggunakan paradigm lama, yaitu orang berlomba-lomba membuat panggung ceremonial, tenda dan sambutan yang luar biasa, yang menjadi sasaran kali ini adalah yang terkait dengan komponen penilaian KUA Teladan, yaitu Standar Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), dan Inovasi. Komponen penilaian tahun ini berubah dari tahun-tahun sebelumnya, yang hanya menilai berdasarkan Standar Pelayanan dan Performa Kepala KUA”, ujarnya.

Turunnya Tim penilai ini juga mendapat respon luar biasa dari Kepala Seksi Haji dan Bimas Islam Kankemenag Kab. Boltim, H. Muh. Ma’mur, SAg, menurutnya apa yang disampaikan Kepala Bidang sudah sesuai dengan Paradigma penilaian KUA teladan. “ Yang dikatakan Kepala Bidang adalah benar karena saat ini sudah mengacu kepada penilaian paradigma yang baru, dan yang dinilai adalah kinerja dari KUA, kepuasan masyarakat terhadap pelayanan KUA”, ucap Ma’mur. “ tentunya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan KUA akan menjadi nilai tambah KUA itu sendiri”, tambah Ma’mur.

Berikutnya, tim penilai melaksanakan penilaiannya, dimulai dari pencatatan pernikahan, jumlah pernikahan tiap bulan, daftar hadir pegawai, dan dokumen administrasi lainnya, juga terlihat Kepala Bidang memanfaatkan waktunya untuk menilai, hal itu terlihat saat Taha mengajukan pertanyaan-pertanyaan langsung kepada Kepala KUA Kec. Modayag Barat H. Madyan, SAg dan Stafnya, (jim).


Aplikasi