Website Kanwil Kemenag Provinsi Sulut
Cinque Terre

27 Santri Mengikuti Tes Seleksi Beasiswa PBSB Online Berbasis CBT

16 May 2018


Pendis - Tes seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) berbasis komputer atau yang dikenal dengan istilah Computer Based Test (CBT) ini merupakan kali ketiga sejak 2016 lalu. CBT adalah ujian atau tes berbasis komputer yang terkoneksi dalam jaringan dengan klasifikasi soal dan paket soal yang disajikan secara acak oleh aplikasi acakan dan terkomputerisasi sehingga setiap peserta tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda. Seleksi Ujian PBSB online ini bersifat full online dimana koneksi untuk sinkronisasi jadwal dan soal dilakukan secara online dengan koneksi internet.

Tes CBT PBSB pada pondok pesantren dibuka oleh Dra. Ramlah Abas, M.PdI selaku PLH Kepala Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kemenag Sulut.

Pada sambutannya Ramlah Abas menyampaikan dalam pelaksanaan tes CBT ini diharapkan ada santri yang bisa lulus untuk bisa menuju jenjang perkuliahan. Tes CBT ini meliputi Tes Bidang Akademik, Tes Kemampuan Bidang Studi (sesuai jurusan yang dipilih), Tes Bahasa dan Kepesantrenan. Tes CBT ini diikuti 6.910 peserta se Indonesia yang memperebutkan 290 kuota beasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 Sesi (Sesi 1 : pukul 07.00 – 12.00 19 Orang dan sesi 2 : pukul 13.00 – 18.00 8 Orang) di pantau langsung oleh IT Kanwil ( Syukri radjab ), Pengawas Ruang (Muh. Nuril Huda) dan Pengawas Kemenag Pusat Bapak Winuhoro Hanumbhawono, ST, ME, M.Si (Han) yang diikuti 27 Santri dari Pondok pesantren di Kab Kota se Prov. Sulut dari kuota yang ada 34 dimana ada 7 santri yang mengundurkan diri/batal ikut serta. (sukri)