Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Sabtu, 22 September 2018

12 Tahun Berdiri MTs Kaidipang Alih Status

15 May 2018


Boroko Bolmut -- Setelah 12 tahun didirikan, MTs Kaidipang akhirnya resmi beralih status menjadi MTs Negeri 2 Bolaang Mongondow Utara. Sejarah itu terukir setelah Kakanwil Kemenag Sulut Dr H Abdul Rasyid MAg bersama Bupati Bolaang Mongondow Utara Suriansyah Korompot SH menekan tombol sirene penegerian.

Ketua Yayasan Pendidikan Islam Bolmong Utara Thamrin L Giasi menguraikan sejarah MTs Kaidipang sejak didirikan hingga di negerikan hari ini. Senin, (14/5)

"MTs Swasta Kaidipang berdiri tahun 2006 atas inisiatif empat tokoh pendidikan desa Boroko yakni, Thamrin S Bolota SPdI, Amir Bolota SPdI, Hadidjah Paputungan dan Venti Yati Sowikromo serta telah dipimpin enam kepala madrasah sejak didirikan hingga saat ini," ujar Giasi

Kakanwil Kemenag Sulut Dr H Abdul Rasyid MAg menyampaikan rasa syukurnya atas penegerian madrasah serta mengucapkan terima kasih kepada yayasan YPI Bolmong Utara yang telah menyerahkan dengan ikhlas MTs Kaidipang untuk dikelola Kementerian Agama.

"Hadirnya madrasah negeri tentu untuk mensejahterakan masyarakat, disinilah bentuk kehadiran negara," terang Kakanwil.

Orang nomor satu di Jajaran Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara ini menjelaskan pertumbuhan madrasah di seluruh Indonesia berjumlah 27000 dengan peserta didik lebih dari empat juta orang, sementara madrasah negeri tak lebih dari 1500.

"Di Sulawesi Utara jumlah madrasah 374 dengan 32 madrasah negeri," ungkap Rasyid.

Dengan profile seperti itu, kami terus berjuang untuk terus menegerikan sebanyak mungkin madrasah walau sebagian besar yayasan tidak bersedia menyerahkan madrasahnya dikelola pemerintah.

"Kami berkomitmen, saya sebagai Kakanwil bersama pemerintah daerah tentunya akan bekerjasama dan bersinergi dalam rangka mempercepat proses penegerian madrasah Ibtidaiyah dan Aliyah di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, karena madrasah menjadi tumpuan kita dalam membangun karakter moral dan kepribadian anak didik kita" tegas Mantan Karo IAIN Gorontalo itu.

Bupati Bolaang Mongondow Utara Suriansyah Korompot SH dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada jajaran kantor wilayah yang telah membantu penegerian madrasah Kaidipang.

"Terima kasih Pak Kakanwil dan seluruh jajaran yang telah membantu penegerian madrasah kami serta pada ketua dan pengurus yayasan atas jasanya menyerahkan MTs ini dikelola Kementerian Agama," ujar Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati ini mengajak para civitas akademika MTs Negeri 2 Bolmong Utara untuk tidak larut dalam euforia penegerian.

"Penegerian merupakan awal sebuah tantangan, kembangkan madrasah ini dan jangan terlalu lama euforia serta torehkan terus prestasi itu baik ditingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasionsal," harapnya.

Melanjutkan permintaan Ketua Yayasan Thamrin L Giasi Bupati Suriansyah juga menitip penegerian madrasah Ibtidaiyah dan Aliyah di Bolaang Mongondow Utara.

"Kami pemerintah daerah siap membantu melengkapi semua proses persyaratan yang diperlukan untuk mempercepat penegerian MIN dan MAN itu," tutup Bupati.

Turut hadir dan mendampingi Kakanwil, Kabid Pendidikan Islam H Sutarji Adipati SPd, Kasubag Informasi dan Humas Drs Hartono Bawenti MH dan Kasie. Pendidikan Madrasah Tingkat Dasar Drs Alex K Usman. (ies)


Aplikasi