Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Rabu, 15 Agustus 2018

Kakanwil : Penyuluh Agama Garda Terdepan Membina Umat Beragama

16 April 2018


Manado -  Balai Diklat Keagamaan (BDK) Manado melaksanakan Diklat Substantif penyuluh agama Islam Non PNS, Penyuluh Agama Kristen Non PNS dan Penyuluh Agama hindu Non PNS yang dilaksanakan di Kampus Wijaya Kusuma BDK Manado. (16/4).

Kakanwil Kemenag Sulut H Abdul Rasyid membuka secara resmi kegiatan ini menyampaikan penyuluh agama merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Kemenag, karena penyuluh sebagai garda terdepan didalam mewujudkan harmonisasi serta membina kerukunan antar umat beragama, maka dari itu pemerintah pemberikan perhatian kusus akan menaikan honor bagi penyuluh.

Kakanwil menjelaskan ada beberapa fungsi penyuluh yang dipahami yakni fungsi informatif dan edukatif memposisikan sebagai penyampai kebenaran mendidik dan melatih serta memberi pendampingan menjadi tugas dan tanggung jawab penyuluh agama, maka teruslah memberikan penguatan keyakinan terhadap masyarakat agar dapat memperkuat, memahami dan mengamalkan ajaran agama masing-masing.

"Pada tahun 2018 memasuki pesta demokrasi maka diharapkan kepada penyuluh tidak terjebak dalam informasi atau berita hoax, terus kembangkan ijtihat informasi serta mampu menggunakan media sosial dengan baik, mari menjadi duta perdamaian, tebarkan energi positif, dan bekerjalah dengan baik tuhan menjadi saksi apa yang saudara lakukan" harap Kakanwil mengakhiri sambutannya.

Hadir pada kegiatan Kepala Balaidiklat Keagamaan Manado H. Khaeroni, serta peserta diklat terdiri dari utusan tiga provinsi Sulut, Gorontalo, dan Maluku masing-masing 30 orang peserta. (hkm)


Aplikasi