Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Selasa, 18 Desember 2018

Kakanwil: Pemusnahan Bertujuan Meminimalisir Penyimpangan

14 March 2018


Manado -- Bertempat di halaman Kantor Wilayah, Bidang Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) melalui Seksi Kepenghuluan dan Pemberdayaan KUA melaksanakan kegiatan pemusnahan barang persediaan formulir NR perolehan tahun 2005 dan 2014. Rabu, (14/3).

"Yang dimusnakan itu Buku Nikah, Duplikat Buku Nikah, Akta Nikah dan Daftar Pemeriksaan Nikah yang diperoleh tahun 2005 dan 2015 secara keseluruhan berjumlah 46.338 barang," ujar Rusdi Musanip.

Kakanwil Kemenag Sulut Dr H Abdul Rasyid MAg dalam arahannya sebelum memimpin pemusnahan mengatakan bahwa barang yang akan dimusnahkan ini adalah dokumen negara yang tercatat sebagai barang milik negara pada Bidang Bimas Islam.

"Dokumen itu, (Buku Nikah-red) milik negara dan sifatnya rahasia. jika tak digunakan harus dimusnahkan dengan mencatatkannya pada berita acara. Jika tidak dimusnahkan maka persediaannya dianggap masih ada dan tidak boleh berkurang," terang Kakanwil.

Orang nomor satu di Jajaran Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara ini menjelaskan proses pemusnahan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban agar barang yang tidak digunakan itu tidak di salah gunakan.

"Pemusnahan ini salah satunya bertujuan untuk meminimalisir agar tidak terjadi penyimpangan dikemudian hari," tegas Rasyid.

Hadir mendampingi Kakanwil, PLh Kabid Bimas Islam Drs Kalo Tahirun MH, Kabid Urusan dan Pendidikan Agama Kristen Drs Jiffry F. Kawung STh MSi dan Johny Tilaar STh MSi, PLh Kabag TU Burhan Sadjab SSos serta disaksikan seluruh jajaran pejabat eselon IV dan Karyawan-karyawati Kanwil Kemenag Sulut. (ies).

 

 


Aplikasi