Website Kanwil Kemenag Provinsi Sulut
Cinque Terre

Gani : Soal USBN dan UAMBN Akan Diperiksa Kelayakannya

13 March 2018


LOLAK – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmong melalui Seksi Pendidikan Madrasah menggelar MGMP Tingkat MTs serta KKG Tingkat MI, Senin (12/3) kemarin.

Bertempat di MIN 3 Bolmong, Desa Wangga, Passi Barat ini dihadiri sejumlah guru MTs dan MI se-Bolmong.

Ibrahim Gani selaku Kasi Pendidikan Madrasah mengatakan, kegiatan ini sekaligus sebagai tindak lanjut amanat Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2017/2018.

"POS USBN yang dimaksud mencakup mekanisme telaah kisi-kisi soal oleh MGMP/KKG, selanjutnya penyusunan soal sebanyak 75 persen oleh satuan pendidikan," terang Gani.

Lanjutnya, dari hasil pertemuan tersebut disepakati sejumlah hal seperti jadwal USBN Tingkat MI dan MTS  yang sesuai petunjuk edaran Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Nomor 144/Dj.I/Dt.I.I.1/PP.01.1/01/2018, tentang pelaksanaan ujian di MI, MTs, dan MA.

"Sebagaimana POS UAMBN menjelaskan bahwa salah satu tujuan utama kegiatan ini untuk menelaah  mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab," imbuhnya.

Setelah itu, kata Gani, Tim akan menyusun soal di tingkat satuan pendidikan. Soal ini akan diperiksa lagi oleh Tim MGMP dan KKG untuk kelayakan soalnya.

"Sesuai jadwal pemeriksaan soal oleh Tim dari MGMP dan KKG akan dilakukan pada minggu ketiga bulan Maret untuk soal mata pelajaran umum termasuk Agama dan Bahasa Arab," tutup Ibrahim Gani. (dek)