Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Jumat, 17 Agustus 2018

Kesehatan Calon Haji Bolmong Diperiksa

14 February 2018


LOLAK – Pemeriksaan kesehatan (rikes) calon haji tahap I untuk wilayah Bolaang Mongondow telah dilaksanakan secara serentak pada Selasa (14/2) kemarin di dua puskesmas berbeda.

Calon jemaah haji yang berada di wilayah Kecamatan Poigar, Bolaang, Lolak, dan Sang Tombolang mengikuti rikes di Puskesmas Lolak.

Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Bolmong, Hendrongi Ngampo mengatakan ada sekira 21 calon haji yang diperiksa kesehatannya di Puskesmas Lolak.

"Sementara 15 calon haji mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap I di Puskesmas Mopuya, Dumoga Utara," ujar Hendro.

Pemeriksaan kesehatan tahap I, lanjut Hendro merupakan salah satu persyaratan menunaikan ibadah haji, yakni istitaah kesahatan.

Dituturkannya, pada rikes tahap I ini para calon haji diperiksa kesehatan awal seperti tekanan darah, detak jantung, mata, serta riwayat catatan kesehatan lainnya.

Selanjutnya melalui dokter puskesmas, Dokter Deybi Kulo jemaah dihimbau untuk puasa tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman dari jam 9 malam hingga jam 9 keesokan pagi harinya.

"Hal ini untuk kepentingan pengambilan sampel darah di laboratorium pada Rabu (14/2) hari ini di Rumah Sakit Datoe Binangkang Lolak," terang Hendro.

Terinformasi, seluruh calon jemaah akan melaksanakan cek darah lengkap di laboratorium RSU Datoe Binangkang termasuk jemaah dari wilayah Dumoga. (dek)


Aplikasi