Kanwil Kemenag Sulut Aplikasi
Senin, 24 September 2018

Shabri : Bolmong Minim Pengawas

13 February 2018


LOLAK – Pengawas adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan pengawasan pendidikan di sekolah dengan melaksanakan penilaian dan pembinaan dari segi teknis pendidikan dan administrasi pada satuan pendidikan pra sekolah, dasar dan menengah.

Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmong, jumlah pengawas pendidikan yang sangat minim menjadi kendala dalam efektivitas proses KBM di sekolah maupun madrasah.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kemenag Bolmong melalui Kasubag TU, Shabri Makmur Bora, Selasa (13/2).

Tercatat pengawas madrasah di Bolmong hanya berjumlah 3 orang, sedangkan Pengawas Pendidikan Agama Islam baru saja memasuki masa purnabhakti.

"Sementara untuk Pengawas Agama Kristen dan Hindu tidak ada satupun," terang Shabri.

Menyikapi kondisi ini pihaknya mengaku tengah mengusulkan pengisian jabatan pengawas pendidikan agama Islam, Kristen, dan Hindu.

Namun hal ini terkendala sejumlah regulasi salah satunya adalah syarat untuk menjadi pengawas adalah sudah pernah mengikuti diklat pengawas.

"Kami sedang siapkan usulan nama ASN yang memenuhi syarat terutama yang telah mengikuti diklat pengawas. Kendalanya di Hindu belum ada satupun ASN yang pernah ikut diklat pengawas sehingga dipastikan sampai saat ini pengawas pendidikan agama Hindu belum tersedia," ungkapnya.

Karena itu, lanjut orang nomor dua di Kemenag Bolmong ini, ke depan guru-guru Agama Hindu akan diprioritaskan untuk mengikuti diklat jika memang ada permintaan atau usulan peserta diklat pengawas.

Hal ini dimaksudkan untuk menyiapkan SDM yang berkualitas di bidang pendidikan agama dan keagamaan mengingat tugas pengawas dalam melakukan pengawasan pendidikan di sekolah sangat penting.

"Penilaian dan pembinaan dari segi teknis pendidikan dan administrasi pada satuan pendidikan tertentu dan sekaligus berfungsi sebagai mitra guru dan kepala sekolah, sebagai inovator, konselor, motivator,kolaborator, serta asesor. Dan hanya pengawas yang berwenang melakukan tugas tersebut," pungkas Shabri. (dek)


Aplikasi