Website Kanwil Kemenag Provinsi Sulut
Cinque Terre

Minat Jadi Penyuluh Agama Kristen Non PNS? Ini Syaratnya

15 November 2017


LOLAK – Rekruitmen Calon Penyuluh Agama Kristen Non PNS Tahun 2018 resmi dibuka sejak 13 November dan berakhir pada 17 November 2017.

Penyelenggara Kristen Kemenag Bolmong, Effert Dodolang menyebut, pada tahap ini para peminat dapat langsung memasukkan permohonan dan kelengkapan berkas ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmong, Ruang Penyelenggara Kristen.

Soal persyaratan untuk mengikuti rekruitmen, kata dia hampir sama dengan yang ditentukan kabupaten/kota lain.

Bagi yang berminat, pihaknya telah menetapkan sejumlah persyaratan umum dan khusus yang dijadikan pedoman dalam perekrutan Penyuluh Agama Kristen Non PNS Tahun 2018 sebagai berikut.

1. Beragama Kristen

2. Membuat Surat permohonan yang ditujukan ke Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara ditulis dengan tangan sendiri dan bermeterai Rp. 6000

3. Foto copy Ijazah S1 Teologi / Pendidikan Kristen dilegalisir

4. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter

5. Foto copy KTP WNI / surat keterangan domisili

6. Pendeta yang sedang menjabat sebagai Ketua Jemaat/Gembala Sidang, atau sebagai pengurus Sinode/Majelis Daerah/Pengurus Daerah/Pendeta Organik Gereja, tidak diijinkan ikut

7. Penginjil / Evangelis yang bertugas melayani di daerah terpencil/pedalaman dan/atau di daerah masyarakat suku terasing diperbolehkan ikut

8. Pendeta yang bukan Ketua Jemaat/Gembala Sidang/yang tidak terikat tugas organik gereja yang banyak melayani masyarakat dalam bentuk bimbingan rohani dan penyuluhan pembangunan (ditokohkan) dibuktikan dengan surat keterangan dari Sinode/Pengurus Gereja atau dari yayasan penginjilan; berusia minimal 58 tahun dan maksimal 65 tahun (berkas permohonan harus dimasukkan namun boleh tanpa ikut ujian seleksi tertulis)

9. Bukan anggota atau pengurus organisasi terlarang

10. Bukan pengurus Partai Politik

11. Memiliki KTP WNI / atau surat keterangan domisili

12. Bukan sebagai pegawai honorer yang dibiayai oleh APBN/APBD

13. Bukan pensiunan PNS/TNI/POLRI/BUMN

14. Lulus Seleksi dan Tes Tertulis Pengangkatan Penyuluh Agama Kristen Non PNS Tahun 2018

15. Pas foto ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar

16. Berusia 22 s/d 40 tahun

17. Pendidikan minimal S1 Teologi / Pendidikan Kristen

18. Rekomendasi dari gereja asal

19. Berkas permohonan sebanyak 1 exemplar dimasukkan ke Penyelenggara Kristen Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow pada hari kerja. (dek)