Website Kanwil Kemenag Provinsi Sulut
Cinque Terre

Makarawung: Reformasi Birokrasi, Cara Pemerintah Melakukan Pembenahan Sistim

12 October 2017

Manado -- Jajaran Biro Organisasi dan Tata Laksana Kementerian Agama R.I. melalui Kepala Bagian Evaluasi Kinerja Organisasi Fajar Adhy Nugraha yang didampingi Gusli JFU Fasilitasi Reformasi Birokrasi dan Pelaporan hari ini melaksanakan kegiatan Asistensi Implementasi Reformasi Birokrasi yang diberi judul Mari Tuntaskan Agenda Reformasi Birokrasi di aula Kantor Wilayah seharian penuh. Kamis, (12/10).

Kasubag Ortala dan Kepegawaian Burhan Sadjab SSos mengatakan bahwa kedatangan tim ini untuk menjelaskan seperti apa pelaksanaan reformasi birokrasi Kementerian Agama dari pusat hingga daerah.

"Pak Kabag akan menjelaskan kepada kami tentang Kebijakan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kemenag, yang meliputi pencapaian dan evaluasi RB, Langkah Strategis Akselerasi serta Langkah-langkah yang harus dilakukan Satuan Kerja," urai Sadjab.

Kakanwil Kemenag Sulut Dr H Abdul Rasyid MAg yang diwakili Pembimas Katolik Dra Joula Makarawung dalam arahannya saat membuka kegiatan mengajak para peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik baiknya.

"Kegiatan ini merupakan cara Pemerintah melakukan pembenahan sistim organisasi dan tata laksana serta perbaikan/manajemen sumber daya manusia" tutur Makarawung.

Kepala Bagian Evaluasi Kinerja Organisasi Fajar Adhy Nugraha dalam pemaparan materinya mengatakan reformasi belum tentu mengubah sesuatu itu menjadi lebih baik.

"Tanpa perubahan, tidak akan ada pembaharuan dan tidak akan ada kemajuan," ungkap Nugraha.

Dalam kesempatan tersebut nugraha mengurai area yang menjadi titik perubahan.

"Organisasi, tata laksana, mental aparatur, perundang-undangan, pelayanan publik, akuntabilitas, pengawasan dan sumber daya manusia menjadi sasarannya," jelasnya.

Pembentukan tim RB yang melibatkan semua komponen bagian/bidang serta bekerja berdasarkan sistim aplikasi menjadi mutlak adanya.

"Itulah beberapa cara mempercepat reformasi birokrasi di Kementerian Agama," kuncinya. 

Rangkaian kegiatan Biro Organisasi dan Tata Laksana yang berlangsung seharian itu resmi ditutup Kepala Bagian Tata Usaha Dra Hj Pastita Kartiman MSi, mewakili Kakanwil kemenag Sulut Dr H Abdul Rasyid MAg. (ies)